Pesona Alam Air Terjun Pelangi di Bandung

Salah satu wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Bandung adalah Air Terjun Pelangi. Air terjun ini menawarkan pesona alam yang sangat menarik.


Air Terjun Pelangi

Air Terjun Pelangi atau dikenal juga dengan sebutan Curug Cimahi merupakan wisata yang cukup populer di Bandung. Air terjun ini terletak di Jalan Kolonel Masturi KM 7, Cisarua, Bandung Barat dan hanya berjarak sekira 10 kilometer dari pusat Kota Bandung.

Curug Cimahi


Untuk dapat menikmati dan lebih dekat dengan Air Terjun Pelangi, pengunjung harus menuruni 587 anak tangga. Jumlah tersebut bukanlah jumlah yang sedikit dan cukup membuat betis Anda pegal. Namun jika tak kuat meneruskan perjalanan menuju dasar air terjun, pengunjung bisa berhenti di view deck 1 dan view deck 2.

View Deck

Dari view deck tersebut, kita bisa menyaksikan air terjun setinggi kurang lebih 75 meter itu dengan pemandangan alam yang memesona. View deck hanya boleh diisi dengan maksimal 20 orang saja.

Sementara bagi pengunjung yang kuat meneruskan perjalanan dengan menyusuri ratusan anak tangga, maka ini pemandangan air terjun yang menakjubkan ini seperti sebuah imbalan yang sangat berharga. Air terjun dengan debit air yang besar dan dikelilingi pepohonan khas hutan tropis terasa menyejukkan.

Air yang dingin serta hembusan angin yang cukup kencang timbul dari derasnya air terjun yang mengalir ini membuat jiwa dan raga seolah menyatu dengan alam. Bahkan melihat airnya saja rasanya sangat sulit untuk menahan diri masuk atau menceburkan diri ke dalamnya.

Namun, pengunjung dibatasi untuk tidak berenang atau bermain air terlalu dekat karena bahaya yang dapat ditimbulkan dari derasnya air terjun. Selain itu, ada petugas yang selalu memperingatkan pengunjung yang terlalu dekat dengan dasar air terjun.

Air Terjun Pelangi akan semakin terlihat cantik saat gelap. Karena pengelola menggantung lampu khusus yang dipasang di aliran air terjun. Pada malam hari, lampu ini akan menyala berwarna-warni sehingga menimbulkan efek seperti pelangi.


Di kawasan wisata alam yang dikelola oleh Perhutani ini, pengunjung juga dibuat nyaman dengan adanya beberapa fasilitas seperti musholla dan toilet yang bersih. Sehingga pengunjung tidak perlu terburu-buru untuk naik ke atas saat tiba waktu salat.

Kawasan ini merupakan salah satu destinasi wisata tepat untuk liburan keluarga. Keberadaan satwa monyet ekor panjang di kawasan wisata ini menambah suasana yang benar-benar terasa alami. Tapi jangan takut, karena monyet-monyet tersebut tidak berbahaya.

Meski demikian, tidak ada salahnya berbagi makanan dengan mereka. Mereka dengan senang hati akan menerima makanan dari Anda.

Namun jangan mencoba meledek hewan-hewan ini dengan makanan jika Anda tidak ingin mereka justru mendekat ke Anda.

Air Terjun Pelangi dibuka setiap hari dari pagi hingga pukul 21:00 WIB. Untuk dapat masuk, pengunjung harus membayar tiket Rp15 ribu saja.

Blog, Updated at: 14.37

0 comments:

Posting Komentar